welcome to my blog ^^

Selasa, 01 Juli 2014

MBC MELARANG LIP-SYNC DI ‘MUSIC CORE’

Screen Shot 2014-07-01 at 1.30.00 AM
MBC akan menindak para penyanyi idol yang tidak menyanyi.
MBC telah memutuskan bahwa mereka tidak kan memberikan penampilan pada para penyanyi idola yang tampil di atas panggung dengan musik pre-record (di rekam terlebih dahulu), termasuk iringan musik dan juga suara. Park Hyun Suk, kepala produser (CP) dari MBC “Show! Music Core” mengatakan pada interviewnya dengan Munhwa Ilbo pada tanggal 1 Juli bahwa “Mereka yang tidak menyanyi di panggung tidak memiliki kualifikasi dasar sebagai penyanyi. Musik pre-recorded yang tiap agensi berikan akan diperiksa secara cermat untuk memastikan bahwa para penyanyi yang hanya menggerakan mulut mereka sesuai dengan kata-kata akan menghilang dari panggung.
Sebagai ujung tombak dari ‘Korean Wave‘, sebagian besar grup idola membanggakan pertunjukan yang kuat dengan koreografi yang intense. Oleh karena itu, saat sulit untuk menampilkan live performance, sekaligus menyanyi dan menari. Karena fenomena ini sudah menjadi kasus umum, ada peningkatan pada mereka yang mempersiapkan versi live dari musik pre-record mereka. Musik tersebut juga meliputi sebagian besar dari bagian nyanyian.
CP Park menyatakan, “Ada waktu-waktu dimana hanya 10-20% dari penyanyi idola di atas panggung yang memberikan pertunjukan secara langsung. Namun, karena versi live dari pre-recordnya aktif, para penonton berpikir bahwa mereka benar-benar bernyanyi.” Ia melanjutkan mengkritik tradisi ini, dengan berkata “tindakan seperti ini sangat menipu penonton.”
Keputusan oleh MBC ini merupakan hasil dari introspeksi karena kemajuan dari K-Pop yang dikenal hampir di seluruh dunia.
Pada pertunjukan di luar negeri, jika dibandingkan dengan di Korea, cenderung ketat membedakan antara lip-sync dan pertunjukan langsung. Jika kritik bahwa performace level tinggi oleh para penyanyi K-Pop ini didukung dengan versi pre-recorded diteruskan, akan ada kemungkinan besar bahwa ‘Teori Busa’ — [Bahwa segala sesuatu yang dibesar-besarkan sebenarnya bukan apa-apa]- akan muncul. Karena pengaruh penyanyi K-pop sangat besar, standar evaluasi tentu saja akan menjadi lebih sulit.
Selain itu, ada analisis bahwa MBC muncul dengan taktik diferensiasi. Jika para penonton, lelah dengan para idol, setuju dengan keputusan MBC, maka tampaknya mudah untuk memprediksi bahwa perusahaan siaran yang lainnya akan bergabung dalam upaya untuk membersikan industri musik pop. Oleh karena itu,tampaknya beberapa idol grup yang mengandalkan satu atau dua main vocal yang bernyanyi live, perlu membenahi diri mereka dengan kemampuan menyanyi dan menyajikan pertunjukan dari grup secara keseluruhan.
CP Park menunjukkan bahwa “Sekarang, ‘musik untuk didengarkan’ mendapat perhatian lagi namun ada efek strain besar. Ada situasi berulang dimana hanya penyanyi yang baik dari grup yang terus bernyanyi dan yang lainnya tidak….Bahkan bila grup tersebut membanggakan pertunjukan yang kuat, jika mereka penyanyi, mereka harus mampu melakukan rap ataupun menyanyi dan memuaskan para pendengar.”
Source: Munhwa Ilbo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar