welcome to my blog ^^

Selasa, 17 Desember 2013

BAGAIMANA PERBANDINGAN EXO DENGAN GRUP SENIOR TVXQ DAN SJ?


Dua tahun setelah debut, grup idola EXO tengah berada dalam masa kemajuan mereka yang terus-menerus.
Pada 9 Desember, bersamaan dengan perilisan mini album “Miracles in December” dan title track Christmas Day”, EXO berhasil mengambil alih semua daftar musik utama. Bahkan sebelum tanggal resmi mini album mereka diedarkan tiba, angka pemesanan telah mencapai sekitar 400.000.
Dengan kemajuan yang pesat inilah, EXO, yang awalnya mendapet label “grup rookietahun kedua”, dengan cepat menjadi salah satu “grup K-Pop Paling Terkemuka”. Kantor berita Daily Sports baru-baru ini membuat peringkat ’10 besar mereka yang berpengaruh di jagad K-Pop’, dipilih oleh orang-orang berpengaruh dan berpengalaman di industri. EXO meraih tempat kelima, di bawah SM Entertainment(pertama), YG EntertainmentMelon, dan G-Dragon. EXO menjadi penyanyi/grup berpengaruh kedua setelah G-Dragon.
November lalu, di ajang “2013 Mnet Asian Music Awards” yang diadakan di Hong Kong, EXO dianugerahi penghargaan “Album of the Year”, penghargaan terbesar malam itu. Dan awal bulan ini, mereka juga dipilih sebagai “Best Group” di 2013 Chinese Music Billboard Newcomers Awards.
Menurut Ilgan Sports, seberapa besar kekuatan EXO bila dibandingkan senior merekaTVXQ dan Super Junior?
>Pertama-tama, apakah popularitas EXO mengalahkan popularitas seniornya?
Salah satu cara mengetahui kekuatan fans suatu grup ialah melalui penjualan album, dan dengan penuh hormat, EXO pastinya melewati tingkat kepopuleran senior mereka. Album teranyar mereka, “Miracles in December”, mendapat angka pemesanan sekitar 400.000 kopi.
Bila angka ini digabungkan dengan album mereka sebelumnya “XOXO” (termasuk edisi repackage), penjualan album EXO mencapai 1,3 juta kopi. Angka ini tentu meninggalkan kedua grup seniornya dengan perbedaan yang mencolok. 1 juta kopi. Terlebih lagi, dengan angka penjualan yang bombastis, empat album EXO tahun ini mampu menembus 10 besar daftar musik Gaon. EXO mencapai semua itu di tengah-tengah resesi penjualan album, mengalahkan penjualan “Mirotic” milik TVXQ yang laku 300.000 kopi. 300.000 kopi merupakan rekor yang awalnya orang-orang pikir tidak bisa dikalahkan, tapi EXO dapat mematahkannya. Membuktikan kalau semua orang salah.
Yang lebih mengagetkan adalah rating musik EXO, yang selalu menjadi kelemahan untuk seniornya, ternyata tinggi. Lagu mereka “Christmas Day” dan “First Snow” saat ini menempati posisi pertama di daftar musik berbeda, dan satu lagu lain berada hampir di posisi puncak. Ada pandangan bahwa idola pria didikan SM memiliki selera musik yang cenderung berbeda dengan fans Korea mereka, tapi sekali lagi EXO mampu mematahkan pandangan tersebut.
Jika ada satu hal yang memisahkan EXO dengan seniornya, hal itu ialah penampilan mereka panggung mereka. TVXQ memiliki kekuatan nomer satu dalam penjualan tiket di Jepang, Super Junior mempunyai penyebaran fans paling luas di seluruh penjuru dunia, dan EXO memiliki kekuatan penampilan panggung yang mengagumkan.
Seorang perwakilan resmi dari sebuah agency pertunjukkan menuturkan, “Hanya dengan melihat dari skala global fandom mereka, dan popularitas mereka di Cina, EXO telah menjadi grup papan atas. Karena mereka baru menghasilkan satu album sejauh ini, jumlah konser mereka sedikit terbatas, tapi segera setelah album kedua mereka keluar, mereka akan mampu menggelar tur dunia.”
Perwakilan dari SM berkata, “Memulai tahun ini dengan lagu populer ‘Wolf’ dan ‘Growl’, kami hampir mendekati angka penjualan 1 juta kopi untuk album pertama EXO. Tahun ini benar-benar spesial, dengan popularitas yang sungguh hebat baik di dalam negeri dan luar negeri. Mereka pantas menyandang status ‘raja album’.”
>Apa yang menjadi penyebab utama popularitas EXO menurut para ahli?
EXO merupakan produk sempurna yang dihasilkan setelah banyak percobaan oleh SM. Mereka melampaui level dari idola rata-rata dan perencanaan yang luar biasa dari SM-lah yang membawa mereka menuju fandom yang kuat.
Komposer Park Hyun Joong mengatakan, “Setiap artis SM memiliki ciri khas masing-masing, tapi pada kasus EXO, mereka seolah dilahirkan untuk menciptakan musik yang populer. Lagu mereka ‘Growl’ dibuat oleh Shin Hyuk, yang sebelumnya pernah bekerja sama dengan Justin Bieber dan beberapa komposer bertaraf internasional lainnya. Para membernya sendiri juga istimewa dalam menyanyi dan menyuguhkan penampilan. Mereka berkembang ke level yang melampaui idola pada umumnya.”
Kim Tae Kyu, seorang pengkritisi musik, juga berbicara mengenai popularitas EXO, “Ruang untuk sebuah grup idola dimana fokus utamanya ialah memuaskan fans remaja cukup lama kosong. Kita membutuhkan sebuah grup yang bisa meneruskan jejak Seo TaijiH.O.T, TVXQ, dan Big Bang, dan saat ini EXO telah mengisi ruang kosong tersebut. Sistem manajemen fandom SM juga telah banyak berkembang. Sekarang, mereka telah dengan ahli merencanakan pasar untuk remaja.”
Bagaimana menurut kalian, Haebaragi? Apakah EXO sudah mampu disandingkan dengan grup idola yang lebih senior seperti TVXQ, Super Junior, dan Big Bang?
cr: soompi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar